Jumat, 03 Oktober 2014

Cara Penulisan Database yang Baik dan Efektif pada Microsoft Access

Kali ini gue mau Share cara penulisan Database yang baik, Efektif dan hemat memori, Kenapa? karena penulisan database yang berbeda-beda dan penulisan dengan kata yang terlalu panjang membuat database jadi tidak Efektif dan tidak akurat padahal ke akuratan data sangat penting untuk menjaga kualitas data dan agar data tidak diragukan.
Kali ini gue akan ngasih contoh pakai Field-field yang hampir sama kaya di KTP dari gambar ini tapi gue ga kasih KTP asli gue karena rahasia hehe jadi editan aja gpplah buat belajar


Nah Step 1, Buat table dari filed tersebut
, kali ini gue bikin 5 table yaitu
-table penduduk
-table Kelurahan
-table kecamatan
-table kota
-table provinsi
kenapa banyak bgt table nya? sebenernya gue gatau pasti sistem database yang dipakai pemerintah cuma gue yakin setiap objek pasti simpen database yang saling berkaitan dan aman tentunya.
begini jadinya

Step 2 isi table nya
table Penduduk

Coba perhatiin baik-baik apa yang aneh? yg aneh gue isi Agama pake "A" dan jenis kelamin pakai "A"
kenapa? seperti tadi yg gue bilang itu semua dapat meningkatkan ke akuratan data dan penulisan data jadi efektif jadi hemat juga kan cuma 1 karakter..
Agama ditulis "A" Kenapa? karena sekarang agama ada juga agama yang penulisan nya beda-beda misal kristen ada kristen aja ada katolik ada protestan, nah utk mengatasi itu lebih baik mengisi agama dengan kode agama jadi bukan di ketik nama agamanya tersebut..
Nah sekarang untuk jenis kelamin, Kenapa gue tulis A? disini gue ibaratin A adalah cowok B adalah cewek ini lebih efektif dari pada anda meulis "L" & "P" karena bisa saja L itu Laki-Laki dan P itu Pria hehhehe.
dan juga banyaknya penulisan kelamin misal Laki-Laki, Pria, Cowok, Lelaki jadi biar akurat dan tepat pakai Kode kelamin aja A itu utk cowok dan B untuk cewek.

Nah berikutnya table lainnya, kali ini gue mau ngasih contoh penulisan isi di Table Kota


Di table kota juga mungkin anda bingung kenapa gue pake kode angka kota??
karena banyak juga penulisan kota yang ga efektif dan panjang.
misal Jakarta Selatan pasti nanti ada yang nulis Jaksel juga jadi ga akurat kalo di searching datanya kan atau tangerang selatan jadi tangsel dll jadi kalo di search nanti susah cari kata kuncinya
jadi lbih baik kota, kecamatan, kelurahan, provinsi dll pakai kode kota aja deh kaya kode pos gitu kan
Hal ini juga berlaku di table2 lain nya

Step 3
bikin relasi kurang lebih kaya gini


kalo begitu kan jadi ga ada yang rancu
lokasi, agama, jenis kelamin jadi jelas dengan kode yang dipakai , jadi hemat karakter juga, relasinya kurang lebih kaya gini
Tempat lahir di Kota Apa dan datanya dicatat di table kota (jadi kita tercatat lahir di kota itu)
Kelurahan save data kita
kecamatan juga punya data kita dari kelurahan lalu data kita juga terdaftar di kota dan provinsi..
kurang lebih kaya gitu..
sekian, sori ya kalo kurang jelas atau ada yang ga sependapat karena gue juga masih belajar
semoga berguna. terimakasih

2 komentar: